Teknik Penulisan Humas (Public
Relations Writing) adalah keterampilan menulis (writing skill) khas
Humas/PR dalam menghasilkan naskah-naskah yang diperlukan untuk kepentingan
pencitraan positif dan popularitas perusahaan/organisasi.
Tipe-tipe penulisan atau
naskah PR dapat dibagi menjadi dua bagian:
1. Berkaitan dengan Media Relations/Press Relations, seperti naskah press release (siaran pers), advertorial, dan press conference (press kit/media kit).
2. Berkaitan dengan media promosi, informasi, dan komunikasi perusahaan/organisasi, seperti naskah untuk dipublikasikan di newsletter, in house magazine/Company Magazines, naskah laporan tahunan (annual report), company profile, leaflet, booklet, brosur, dan sebagainya.
Untuk menghasilkan
naskah yang baik (good writing), Humas/PR harus memiliki keterampilan
jurnalistik layaknya wartawan, seperti pemahaman tentang nilai berita (news
values), bahasa jurnalistik (language of mass communications), kode
etik jurnalistik, dan sebagainya.
Untuk kepentingan
publikasi yang luas, Humas/PR membutuhkan peran media. Karena itu, diperlukan
sebuah hubungan yang baik dengan kalangan pers/media massa (Press/Media
Relations). Agar hubungan itu tercipta dengan baik, Humas perlu mengenali
dunia pers dengan baik pula, seperti karakteristik wartawan, format media, cara
kerja wartawan/media, dan sebagainya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar